Jumat, 29 Mei 2015

RPP MATEMATIKA

Sekolah                 :    SD 
Kelas / semester    :    2 / 1
Tema / sub tema    :   1 “Indahnya Kebersamaan” / 1 “Keragaman Bangsaku”
Pertemuan ke-       :   2
Alokasi waktu       :   1 x pertemuan.

A.          Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia





B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Matematika
1.1   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1.1    Bersyukur dan beribadah       kepada Tuhan menurut agama yang dianut
2.2  Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.1.1    Mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.



2.3 Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3.1  Berani mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan kelas
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.12.1 Menjelaskan perbedaan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku

4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar

4.13.1 Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
4.13.2 Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut
2.
SBDP
1.1  Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan

1.1.1        Mensyukuri atas semua ciptaan Tuhan dengan melestarikan karya seni daerah masing-masing.


2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni

2.1.1 Mampu mencoba mempelajari hal-hal yang masih baru.

3.3 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya


3.3.1 Mampu menyebutkan nama-nama tarian
4.10     Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak


4.10.1  Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas)
3
Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.1.1  Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa menggunaka bahasa Indonesia yang baik dan benar.




1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan social

1.2.1 Mampu  memanfaatkan alat teknologi sebagai mana mestinya.

2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.2.1 Mampu bertanggung jawab atas penggunaan alat teknologi

2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.4.1 Menjaga dan  melestariankan  lingkungan sekitar

3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Mampu mendeskripsikan pengamatan tentang gaya, gerak.







4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku

4.1.1 Mampu mempresentasikan hasil laporan pengamatan tentang gaya gerak.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Matematika
1.1.1.1    Siswa mampu mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.
2.1.1.1    Siswa mampu mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.
2.3.1.1  Siswa mampu mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan kelas dengan  berani.
3.12.1.1 Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan benar.
4.13.1.1 Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, dan tumpul, dengan benar.
4.13.2.1 Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.



·           SBDP
1.1.1.1 Siswa mampu mensyukuri atas semua ciptaan Tuhan dengan melestarikan karya seni daerah masing-masing 
2.1.1.1  Dengan berani siswa mampu mencoba mempelajari hal-hal yang masih baru.
3.3.1.1 Setelah membaca teks dan mengamati gambar siswa mampu menyebutkan nama-nama tarian
4.10.1.1 Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.

·           Bahasa Indonesia
1.1.1.1 Siswa mampu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
1.2.1.1 Siswa mampu memanfaatkan alat teknologi sebagai mana mestinya.
2.4.1.1 Siswa mampu menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.
3.1.1.1 Siswa mampu mendeskripsikan pengamatan tentang gaya, gerak, dengan benar.
4.1.1.1 Siswa mampu mempresentasikan hasil laporan pengamatan tentang gaya gerak dengan berani.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Matematika                      : Mengenal sudut lancip dan sudut tumpul
·         SBDP                              : Memperagakan tarian-tarian tradisional
·         Bahasa Indonesia                        : Membuat Teks Deskripsi tentang gaya gerak.



E.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
a.       Pendekatan
·         Tematik Integratif
·         Pendekatan saintifik

b.      Metode Pembelajaran
·         Praktikum
·         Diskusi kelompok

F.      MEDIA ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media
·         Buku siswa
·         Lembar kerja siswa (terlampir)
·         Teks bacaan “Tari Kipas” (terlampir)
·         Teks lagu “” (terlampir)
·         Bangun Datar
1.      Alat
·         Buku tulis
·         Bolpoin
·         Busur
·         Penggaris
1.      Sumber
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Indahnya Kebersamaan : Tema 1 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD / MI Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 12-17
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Indahnya Kebersamaan : Tema 1 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD / MI Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 12-16

G.    Langkah – langkah Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Waktu
PENGGALAN 1
Pendahuluan
-       Membuka pembelajaran dengan salam
-       Berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
-       Guru melakukan presensi kepada seluruh siswa
-       Menghubungkan materi pada pertemuan sebelumnya dengan pertemuan hari ini, pada pembelajaran 1 kemarin kita belajar mengenai bangun datar, pada pembelajaran 2 hari ini, kita akan belajar mengenai sudut lancip dan sudut tumpul. (Apersepsi)
-       Guru memberikan semangat  dengan sebuah lagu. (terlampir) (Memotivasi)
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini mengenai sudut lancip dan sudut tumpul. (Orientasi)
15 menit
Inti
-        Guru mendemostrasikan mengenai konsep sudut tumpul dan sudut lancip dan membagikan materi kepada siswa. (Mengamati)
-        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami (Menanya)
-        Guru mendemonstrasikan cara mengukur bangun datar menggunakan busur.  (Mengamati)
-        Guru memberi arahan pada siswa untuk mengerjakan tugas kelompok.
1.      Guru membagi para siswa menjadi 5 kelompok kecil masing-masing beranggotakan 4 orang.
2.      Guru membagikan setiap kelompok 3 bangun datar (persegi, segitiga, layang-layang)
3.      Guru membagikan 1 busur pada setiap kelompok.
-        Guru menjelaskan cara pengerjaan yang harus dilakukan setiap kelompok (Mencoba)
1.      Salah satu siswa mengukur setiap sudut pada bangun datar yang sudah diberikan.
2.      Siswa yang lain mencatat hasil yang sudah diukur.
3.      Siswa yang lainnya lagi mengurutkan dari ukuran besar sampai ukuran kecil.
4.      Semua siswa menggolongkan setiap bangun datar yang memenuhi syarat sudut lancip dan sudut tumpul (Menalar)
-       Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka didepan kelas (Mengkomunikasikan)
Catatan :
Guru melakukan penilaian saat proses pembelajaran berlangsung
60 menit
Penutup
-        Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan pada hari ini.
-          Siswa melakukan evaluasi melalui tanya jawab dengan guru sambil mengkonfirmasikan dengan jawaban siswa
-          Siswa melakukan refleksi
2.      Apa yang kamu pelajari hari ini ?
3.      Bagaimana perasaanmu pada pembelajaran hari ini ?
4.      Apakah ada kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan soal-soal latihan hari ini ?
-        Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
-        Siswa mengakhiri kegiatan pembelajaran pada penggalan pertama dengan berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
15 menit
ISTIRAHAT
PENGGALAN 2
Pendahuluan
-          Guru memberi salam kepada para siswa
-          Doa bersama yang dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
-          Guru menanyakan kegiatan siswa selama istirahat
-          Guru mengkondisikan siswa untuk mempersiapkan diri dalam menerima pelajaran
-          Guru memberi semangat dengan mengajak tepuk riang yaitu “Tepuk Riang” (Memotivasi)
Tepuk riang prok . . . prok . . .prok . . .
Riang Senang  prok . . . prok . . .prok . . .
Hore . . .hore. . .hore . . . Yeeee
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada penggalan dua ini mengenai kasih sayang seorang Ibu. (Orientasi)
5 menit
INTI
-          Guru membagi siswa menjadi lima kelompok kecil.
-          Guru meminta siswa untuk memilih ketua masing-masing kelompok.
-          Guru membagikan materi mengenai tarian kipas.
-          Siswa mendengarkan arahan dari guru untuk mengerjakan tugas dalam kelompok.
-          Setelah mendapat arahan siswa mulai berkerja dalam kelompok.
-          Siswa membaca materi bersama guru.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai teks bacaan tentang tarian kipas tersebut (Menanya)
-          Siswa mengamati video tentang tarian kipas (Mengamati)
-          Siswa mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan video yang sudah ditonton.
45 menit
PENUTUP
-        Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan
-        Siswa melakukan evaluasi melalui tanya jawab dengan guru sambil mengkonfirmasikan dengan jawaban siswa
1.      Bagaimana karakter dari teks tarian kipas tersebut ?
2.      Apa makna tarian kipas dalam teks bacaan tadi ?
3.      Darimanakah asal tarian kipas dalam bacaan tadi ?
-        Siswa melakukan refleksi
1.      Apa yang kamu pelajari hari ini ?
2.      Bagaimana perasaanmu belajar hari ini ?
3.      Apakah ada kesulitan yang kamu rasakan ?
-        Siswa mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa bersama yang dipimpin seorang siswa di depan kelas
10 menit
ISTIRAHAT
PENGGALAN 3
Pendahuluan
-       Membuka pembelajaran dengan salam
-       Berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
-       Menghubungkan materi pada pertemuan sebelumnya dengan pertemuan hari ini, pada pembelajaran 1 kemarin kita belajar membuat karangan dari kehidupan sehari-hari, pada pembelajaran 2 hari ini, kita akan belajar mengenai cara membuat teks deskripsi mengenai gaya gerak.
5menit
INTI
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan bertanya kepada siswa “Apakah ada yang tahu apa itu teks deskripsi ?”
2.      Guru menjelaskan pengertian teks deskripsi kepada siswa.
3.      Siswa membaca teks materi mengenai Gaya Gerak secara bersama-sama (Mengamati)
4.      Dengan memberikan pertanyaan guru menggali pengetahuan siswa
-          Apakah contoh dari gaya gerak ?
-          Apakah masih  ada yang belum dimengerti dari materi yang sudah kalian baca tadi ? (Menanya)

5.      Guru memberikan lembar kerja kepada seluruh siswa.
6.      Guru memberikan arahan tentang cara-cara mengerjakan soal-soal yang ada pada lembar kerja.
7.      Siswa mencoba menjawab setiap pertanyaan yang ada pada lembar kerja mengenai gaya gerak.  (Mencoba)
8.      Siswa mengumpulkan hasil lembar kerja kepada guru.
9.      Guru meminta siswa untuk membuat teks deskripsi mengenai gaya gerak, secara individu.  (Mencoba)
10.  Siswa membacakan teks deskripsi gaya gerak yang sudah dibuat, di depan kelas.
Catatan :
Guru melakukan penilaian saat proses pembelajaran berlangsung
45menit
Penutup
-        Guru melakukan evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
-        Guru bersama siswa melakukan refleksi kegiatan pembelajaran hari ini.
-        Siswa mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
10menit





H.    PENILAIAN
1.      Jenis/tekhnik penilaian
·         Pendalaman materi
2.      Pedoman penskoran(terlampir)
                                                                                Yogyakarta, 15 September 2014
                                                                                                                  Mahasiswa            
                                                                                                            (Atika, Yovita)
















LAMPIRAN PENILAIAN
Muatan Pelajaran     : Matematika
1.      Pengetahuan
Penilaian dilakukan dengan mengamati kegiatan kelompok siswa, seperti kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan.
Indikator
3.12.1 Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.

Teknik Penilaian
Tes tertulis
Instrumen
·         Suatu bangun datar dapat disebut memiliki sudut lancip apabila ukuran sudutnya . . .
·         Berapa besar sudut dari sudut tumpul ?
·         Dari beberapa bangun datar yang sudah diukur, bangun datar apa saja yang memiliki sudut lancip ?

Kunci Jawaban
  • Antara 0o-90o atau salah  satu dari ukuran sudut berikut; 7o, 18o, 22,5o, 33o,  45o , 88o
  • Antara 90o-180o atau salah satu dari ukuran sudut berikut; 95o, 110o, 117o, 135o, 157o, 174o
  • Segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, trapezium, jajaran genjang, layang-layang



Rubrik Penilaian Pengetahuan
Aspek
Skor
1
2
3
Kerjasama
Hanya satu anggota saja yang mengerjakan tugas dalam kelompok tersebut.
Ada salah satu atau salah dua dari anggota kelompok yang tidak mengerjakan tugasnya dalam kelompok.
Pembagian tugas kelompok dilaksanakan dengan merata (tidak ada satu anggota pun yang tidak bekerja)
Kemampuan menjawab pertanyaan
Siswa sudah menjawab semua pertanyaan namun masih banyak kesalahan dalam menjawab.
Siswa sudah menjawab semua pertanyaan namun masih ada dua dari empat soal yang masih salah.
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar.

2.      Keterampilan
Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja mereka. Selama siswa mempresentasikan hasil kerja guru melakukan penilaian dengan cara observasi (pengamatan) dengan instrumen sebagai berikut :
Indikator
2.3.1  Berani mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan kelas
Teknik Penilaian
Observasi
Instrumen
·         Mempresentasikan dengan suara yang lantang dan jelas.
·         Kerapian dalam penyusunan laporan.
·         Kejelasan tulisan laporan.
·         Posisi tubuh saat mempresentasikan hasil kerja.
Observasi (pengamatan)
No
Aspek
Sangat baik
Baik
Cukup baik
1
Kelantangan siswa dalam menyampaikan hasil kerjanya.



2
Kreatifitas penyusunan laporan



3
Kejelasan tulisan dalam laporan yang dibuat



4
Sikap siswa selama mempresentasikan hasil kerja




3.      Sikap Sosial/ Individu
Indikator
2.1.1    Mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.
Teknik Penilaian
Penilaian diri
Instrumen
Tugas
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!

Format Penilaian Diri
Nama siswa                : ……………..                                    Kelas/ No.Absen:…../……
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
No
Aspek Penilaian
Ya
Tidak
Sikap menghargai
1
Saya memberikan pujian pada hasil kerja yang dilakukan oleh teman


2
Saya ikut memelihara hasil pekerjaan teman lain


3
Saya merasa senang saat teman dapat memanfaatkan bahasa Indonesia dengan baik


4
Saya mendengarkan teman lain yang berbicara di depan kelas


Sikap percaya diri
1
Saya berani tampil di kelas untuk menyampaikan hasil pekerjaan dengan suara lantang dan jelas.


2
Saya berani menerima ketika dikritik oleh orang lain dalam menyampaikan hasil pekerjaan


3
Saya memiliki cara pandang yang positif terhadap apa yang saya kerjakan


4
Saya yakin dengan apa yang saya kerjakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia


Keterangan:
Jawaban “ya” = skor 1,                       jawaban “tidak” = skor 0
Rubrik penilaian sikap sosial/ individu
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Sikap menghargai
Memenuhi 4 aspek penilaian
Memenuhi 3 aspek penilaian
Memenuhi 2 aspek penilaian
Memenuhi 1 aspek penilaian
Sikap percaya diri
Memenuhi 4 aspek penilaian
Memenuhi 3 aspek penilaian
Memenuhi 2 aspek penilaian
Memenuhi 1 aspek penilaian

4.      Sikap Spiritual
Indikator
1.1.1    Bersyukur dan beribadah       kepada Tuhan menurut agama yang dianut
Teknik Penilaian
Penilaian produk
Instrumen
Buatlah doa syukur atas kebersamaan yang kamu rasakan dengan teman-temanmu yang beragama lain (tidak sama dengan agama yang kamu anut)

Rubrik penilaian sikap spiritual dan pedoman penskoran
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Kurang
1
Isi doa
Memenuhi 4 komponen (Isi doa mengandung ucapan syukur kebersaman, ada harapan yang disampaikan, kalimat di susun menggunakan bahasa Indonesia yang benar, doa terdiri atas sama dengan atau lebih dari 3 kalimat)
Memenuhi 3 dari 4 komponen
Memenuhi 2 dari 4 komponen
Memenuhi 1 dari 4 komponen















LAMPIRAN MATERI

1.      SBDP











2.      MATEMATIKA










LAMPIRAN KERJA SISWA

1.      SBDP











2.      MATEMATIKA

P







LAMPIRAN LAGU
(Lagu : Cicak-cicak di dinding)
“Mari Belajar”
Mari teman-temanku
Kita b’lajar bersama
Belajar tentang sudut
Hap. . lancip dan tumpul





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PRAKTIKUM PEREDARAN DARAH

P PEREDARAN DARAH        I.             Pendahuluan Latar Belakang Darah adalah komponen yang sangat penting bagi makhluk hidup, ...