Sekolah : SD
Kelas / semester
:
2 / 1
Tema / sub tema : 1
“Indahnya Kebersamaan” / 1 “Keragaman Bangsaku”
Pertemuan ke- :
2
Alokasi waktu :
1 x pertemuan.
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
NO
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Matematika
|
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Bersyukur dan beribadah kepada Tuhan menurut agama yang dianut
|
2.2 Memiliki rasa ingin
tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
|
2.1.1 Mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.
|
||
2.3 Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang
terbentuk melalui pengalaman belajar
|
2.3.1 Berani mempresentasikan hasil pekerjaannya
didepan kelas
|
||
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan
membandingkannya dengan sudut yang berbeda
|
3.12.1 Menjelaskan perbedaan jenis sudut lancip, tumpul,
dan siku-siku
|
||
4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam
bangun datar
|
4.13.1
Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
4.13.2
Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut
|
||
2.
|
SBDP
|
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif
masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
|
1.1.1
Mensyukuri atas semua ciptaan Tuhan dengan melestarikan karya seni daerah
masing-masing.
|
2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam
berkarya seni
|
2.1.1 Mampu mencoba mempelajari hal-hal yang masih
baru.
|
||
3.3 Mengenal
tari-tari daerah dan keunikan geraknya
|
3.3.1
Mampu menyebutkan nama-nama tarian
|
||
4.10 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk
tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
|
4.10.1 Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah
satu tarian adat (tari Kipas)
|
||
3
|
Bahasa Indonesia
|
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
|
1.1.1 Berdoa kepada
Tuhan Yang Maha Esa menggunaka bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
1.2 Mengakui
dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan
sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional perkembangan
teknologi, sosial, serta permasalahan social
|
1.2.1 Mampu
memanfaatkan alat teknologi sebagai mana mestinya.
|
||
2.2 Memiliki kedisiplinan dan
tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional,
proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
2.2.1 Mampu bertanggung jawab atas penggunaan alat teknologi
|
||
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan
dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
2.4.1 Menjaga
dan melestariankan lingkungan sekitar
|
||
3.1 Menggali informasi dari teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi, dan cahaya
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.1 Mampu
mendeskripsikan pengamatan tentang gaya, gerak.
|
||
4.1 Mengamati,
mengolah, dan
menyajikan teks
laporan hasil
pengamatan tentang
gaya, gerak,
energi panas,
bunyi, dan cahaya
dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis dengan
memilih dan memilah
kosakata baku
|
4.1.1 Mampu
mempresentasikan hasil laporan pengamatan tentang gaya gerak.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Matematika
1.1.1.1 Siswa
mampu mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.
2.1.1.1 Siswa mampu mematuhi setiap aturan yang
sudah dibuat.
2.3.1.1 Siswa mampu mempresentasikan
hasil pekerjaannya didepan kelas dengan
berani.
3.12.1.1
Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan
antara dua rumah adat dengan benar.
4.13.1.1
Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, dan tumpul, dengan benar.
4.13.2.1
Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan
busur dengan benar.
·
SBDP
1.1.1.1 Siswa mampu
mensyukuri atas semua ciptaan Tuhan dengan melestarikan karya seni daerah
masing-masing
2.1.1.1
Dengan berani siswa mampu mencoba mempelajari hal-hal yang masih baru.
3.3.1.1 Setelah membaca teks dan mengamati
gambar siswa mampu menyebutkan nama-nama tarian
4.10.1.1 Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari
Kipas) dengan benar.
·
Bahasa Indonesia
1.1.1.1 Siswa mampu berdoa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
1.2.1.1 Siswa
mampu memanfaatkan alat teknologi sebagai mana mestinya.
2.4.1.1 Siswa mampu menjaga dan melestarikan lingkungan
sekitar.
3.1.1.1 Siswa mampu mendeskripsikan pengamatan tentang gaya, gerak,
dengan benar.
4.1.1.1 Siswa mampu mempresentasikan hasil laporan pengamatan
tentang gaya gerak dengan berani.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Matematika
: Mengenal sudut lancip dan sudut tumpul
·
SBDP
: Memperagakan tarian-tarian tradisional
·
Bahasa Indonesia : Membuat Teks Deskripsi
tentang gaya gerak.
E.
PENDEKATAN DAN
METODE PEMBELAJARAN
a.
Pendekatan
·
Tematik
Integratif
·
Pendekatan
saintifik
b.
Metode
Pembelajaran
·
Praktikum
·
Diskusi kelompok
F.
MEDIA ALAT DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
·
Buku siswa
·
Lembar kerja siswa
(terlampir)
·
Teks bacaan “Tari
Kipas” (terlampir)
·
Teks lagu “”
(terlampir)
·
Bangun Datar
1. Alat
·
Buku tulis
·
Bolpoin
·
Busur
·
Penggaris
1.
Sumber
·
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2013. Indahnya Kebersamaan
: Tema 1 Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Guru SD / MI Kelas I. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 12-17
·
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2013. Indahnya Kebersamaan
: Tema 1 Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Siswa SD / MI Kelas I. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 12-16
G. Langkah
– langkah Pembelajaran
Tahap
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
||
PENGGALAN
1
|
||||
Pendahuluan
|
- Membuka
pembelajaran dengan salam
- Berdoa
bersama dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
- Guru
melakukan presensi kepada seluruh siswa
- Menghubungkan
materi pada pertemuan sebelumnya dengan pertemuan hari ini, pada pembelajaran
1 kemarin kita belajar mengenai bangun datar, pada pembelajaran 2 hari ini,
kita akan belajar mengenai sudut lancip dan sudut tumpul. (Apersepsi)
- Guru
memberikan semangat dengan sebuah lagu. (terlampir) (Memotivasi)
- Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran pada hari ini mengenai sudut lancip
dan
sudut tumpul. (Orientasi)
|
15 menit
|
||
Inti
|
-
Guru mendemostrasikan mengenai konsep sudut tumpul dan
sudut lancip dan membagikan materi kepada siswa. (Mengamati)
-
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami (Menanya)
-
Guru
mendemonstrasikan cara mengukur bangun datar menggunakan busur. (Mengamati)
-
Guru memberi arahan
pada siswa untuk mengerjakan tugas kelompok.
1. Guru
membagi para siswa menjadi 5 kelompok kecil masing-masing beranggotakan 4 orang.
2. Guru
membagikan setiap kelompok 3
bangun datar (persegi,
segitiga, layang-layang)
3. Guru
membagikan 1 busur pada setiap kelompok.
-
Guru menjelaskan cara
pengerjaan yang harus dilakukan setiap kelompok (Mencoba)
1. Salah
satu siswa mengukur setiap sudut pada bangun datar yang sudah diberikan.
2. Siswa
yang lain mencatat hasil yang sudah diukur.
3. Siswa
yang lainnya lagi mengurutkan dari ukuran besar sampai ukuran kecil.
4. Semua
siswa menggolongkan setiap bangun datar yang memenuhi syarat sudut lancip dan sudut tumpul (Menalar)
- Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka didepan kelas (Mengkomunikasikan)
Catatan :
Guru melakukan penilaian saat
proses pembelajaran berlangsung
|
60 menit
|
||
Penutup
|
-
Guru bersama siswa
menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan pada hari ini.
-
Siswa melakukan
evaluasi melalui tanya jawab dengan guru sambil mengkonfirmasikan dengan
jawaban siswa
-
Siswa melakukan
refleksi
2. Apa
yang kamu pelajari hari ini ?
3. Bagaimana
perasaanmu pada pembelajaran hari ini ?
4. Apakah
ada kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan soal-soal latihan hari ini ?
-
Guru memberikan tugas
rumah kepada siswa
-
Siswa mengakhiri
kegiatan pembelajaran pada penggalan pertama dengan berdoa yang dipimpin oleh
salah satu siswa di depan kelas
|
15 menit
|
||
ISTIRAHAT
|
||||
PENGGALAN 2
|
||||
Pendahuluan
|
-
Guru memberi salam
kepada para siswa
-
Doa bersama yang
dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
-
Guru menanyakan
kegiatan siswa selama istirahat
-
Guru mengkondisikan
siswa untuk mempersiapkan diri dalam menerima pelajaran
-
Guru memberi semangat
dengan mengajak tepuk riang yaitu “Tepuk
Riang” (Memotivasi)
Tepuk riang prok . . . prok . . .prok . . .
Riang Senang
prok . . . prok . . .prok . . .
Hore . . .hore. . .hore . . . Yeeee
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
penggalan dua ini mengenai kasih sayang seorang Ibu. (Orientasi)
|
5 menit
|
||
INTI
|
-
Guru membagi siswa menjadi lima kelompok kecil.
-
Guru meminta siswa untuk memilih ketua masing-masing kelompok.
-
Guru
membagikan materi mengenai tarian kipas.
-
Siswa
mendengarkan arahan dari guru untuk mengerjakan tugas dalam kelompok.
-
Setelah
mendapat arahan siswa mulai berkerja dalam kelompok.
-
Siswa
membaca materi bersama guru.
-
Siswa diberikan
kesempatan untuk bertanya mengenai teks bacaan tentang tarian kipas tersebut
(Menanya)
-
Siswa
mengamati video tentang tarian kipas (Mengamati)
-
Siswa
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan video yang sudah ditonton.
|
45 menit
|
||
PENUTUP
|
-
Guru bersama siswa
menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan
-
Siswa melakukan
evaluasi melalui tanya jawab dengan guru sambil mengkonfirmasikan dengan
jawaban siswa
1. Bagaimana karakter dari teks tarian kipas tersebut ?
2. Apa makna tarian kipas dalam teks bacaan tadi ?
3. Darimanakah asal tarian kipas dalam bacaan tadi ?
-
Siswa melakukan
refleksi
1. Apa
yang kamu pelajari hari ini ?
2. Bagaimana
perasaanmu belajar hari ini ?
3. Apakah
ada kesulitan yang kamu rasakan ?
-
Siswa mengakhiri
kegiatan belajar dengan berdoa bersama yang dipimpin seorang siswa di depan
kelas
|
10 menit
|
||
ISTIRAHAT
|
||||
PENGGALAN 3
|
||||
Pendahuluan
|
- Membuka
pembelajaran dengan salam
- Berdoa
bersama dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
- Menghubungkan
materi pada pertemuan sebelumnya dengan pertemuan hari ini, pada pembelajaran 1 kemarin kita belajar
membuat karangan dari kehidupan sehari-hari, pada
pembelajaran 2 hari ini, kita akan belajar mengenai cara membuat teks deskripsi mengenai gaya gerak.
|
5menit
|
||
INTI
|
1. Guru mengawali pembelajaran dengan bertanya kepada
siswa “Apakah ada yang tahu apa itu teks deskripsi ?”
2. Guru menjelaskan pengertian teks deskripsi kepada
siswa.
3. Siswa
membaca teks materi
mengenai Gaya Gerak secara bersama-sama (Mengamati)
4. Dengan
memberikan pertanyaan guru menggali pengetahuan siswa
-
Apakah contoh dari gaya gerak ?
-
Apakah masih ada yang belum dimengerti dari materi yang sudah kalian baca tadi ?
(Menanya)
5. Guru memberikan lembar kerja kepada seluruh siswa.
6. Guru memberikan arahan tentang cara-cara mengerjakan
soal-soal yang ada pada lembar kerja.
7. Siswa mencoba menjawab setiap pertanyaan yang ada
pada lembar kerja mengenai gaya gerak. (Mencoba)
8. Siswa mengumpulkan hasil lembar kerja kepada guru.
9. Guru meminta siswa untuk membuat teks deskripsi
mengenai gaya gerak, secara individu. (Mencoba)
10. Siswa membacakan teks deskripsi gaya gerak yang
sudah dibuat, di depan kelas.
Catatan :
Guru melakukan penilaian saat
proses pembelajaran berlangsung
|
45menit
|
||
Penutup
|
-
Guru
melakukan evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
-
Guru
bersama siswa melakukan refleksi kegiatan pembelajaran hari ini.
-
Siswa mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan berdoa yang dipimpin
oleh salah satu siswa di depan kelas
|
10menit
|
||
H.
PENILAIAN
1.
Jenis/tekhnik
penilaian
·
Pendalaman
materi
2.
Pedoman
penskoran(terlampir)
Yogyakarta,
15 September 2014
Mahasiswa
(Atika,
Yovita)
LAMPIRAN
PENILAIAN
Muatan Pelajaran : Matematika
1. Pengetahuan
Penilaian dilakukan dengan mengamati kegiatan kelompok
siswa, seperti kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan.
Indikator
|
3.12.1
Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
|
Teknik Penilaian
|
Tes tertulis
|
Instrumen
|
·
Suatu
bangun datar dapat disebut memiliki sudut lancip apabila ukuran sudutnya . .
.
·
Berapa
besar sudut dari sudut tumpul ?
·
Dari
beberapa bangun datar yang sudah diukur, bangun datar apa saja yang memiliki
sudut lancip ?
|
Kunci Jawaban
- Antara 0o-90o atau
salah satu dari ukuran sudut
berikut; 7o, 18o, 22,5o, 33o, 45o , 88o
- Antara 90o-180o atau salah
satu dari ukuran sudut berikut; 95o, 110o, 117o,
135o, 157o, 174o
- Segitiga sama kaki, segitiga sama sisi,
trapezium, jajaran genjang, layang-layang
Rubrik Penilaian Pengetahuan
Aspek
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Kerjasama
|
Hanya satu
anggota saja yang mengerjakan tugas dalam kelompok tersebut.
|
Ada salah satu
atau salah dua dari anggota kelompok yang tidak mengerjakan tugasnya dalam
kelompok.
|
Pembagian
tugas kelompok dilaksanakan dengan merata (tidak ada satu anggota pun yang
tidak bekerja)
|
Kemampuan
menjawab pertanyaan
|
Siswa sudah
menjawab semua pertanyaan namun masih banyak kesalahan dalam menjawab.
|
Siswa sudah
menjawab semua pertanyaan namun masih ada dua dari empat soal yang masih
salah.
|
Siswa mampu
menjawab semua pertanyaan dengan benar.
|
2. Keterampilan
Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan
hasil kerja mereka. Selama siswa mempresentasikan hasil kerja guru melakukan
penilaian dengan cara observasi (pengamatan) dengan instrumen sebagai berikut :
Indikator
|
2.3.1 Berani
mempresentasikan hasil pekerjaannya didepan kelas
|
Teknik Penilaian
|
Observasi
|
Instrumen
|
·
Mempresentasikan
dengan suara yang lantang dan jelas.
·
Kerapian
dalam penyusunan laporan.
·
Kejelasan
tulisan laporan.
·
Posisi
tubuh saat mempresentasikan hasil kerja.
|
Observasi
(pengamatan)
No
|
Aspek
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup baik
|
1
|
Kelantangan
siswa dalam menyampaikan hasil kerjanya.
|
|
|
|
2
|
Kreatifitas
penyusunan laporan
|
|
|
|
3
|
Kejelasan
tulisan dalam laporan yang dibuat
|
|
|
|
4
|
Sikap siswa
selama mempresentasikan hasil kerja
|
|
|
|
3. Sikap
Sosial/ Individu
Indikator
|
2.1.1 Mematuhi
setiap aturan yang
sudah dibuat.
|
Teknik Penilaian
|
Penilaian diri
|
Instrumen
|
Tugas
Berilah tanda
cek (√) sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
|
Format Penilaian Diri
Nama siswa : …………….. Kelas/ No.Absen:…../……
Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan kenyataan yang ada pada dirimu!
No
|
Aspek Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
Sikap
menghargai
|
|||
1
|
Saya
memberikan pujian pada hasil kerja yang dilakukan oleh teman
|
|
|
2
|
Saya ikut
memelihara hasil pekerjaan teman lain
|
|
|
3
|
Saya merasa
senang saat teman dapat memanfaatkan bahasa Indonesia dengan baik
|
|
|
4
|
Saya
mendengarkan teman lain yang berbicara di depan kelas
|
|
|
Sikap percaya
diri
|
|||
1
|
Saya berani
tampil di kelas untuk menyampaikan hasil pekerjaan dengan suara lantang dan
jelas.
|
|
|
2
|
Saya berani
menerima ketika dikritik oleh orang lain dalam menyampaikan hasil pekerjaan
|
|
|
3
|
Saya memiliki
cara pandang yang positif terhadap apa yang saya kerjakan
|
|
|
4
|
Saya yakin
dengan apa yang saya kerjakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
|
|
|
Keterangan:
Jawaban “ya” = skor 1, jawaban “tidak” = skor 0
Rubrik penilaian sikap sosial/ individu
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Sikap
menghargai
|
Memenuhi 4
aspek penilaian
|
Memenuhi 3
aspek penilaian
|
Memenuhi 2
aspek penilaian
|
Memenuhi 1
aspek penilaian
|
Sikap percaya
diri
|
Memenuhi 4
aspek penilaian
|
Memenuhi 3
aspek penilaian
|
Memenuhi 2
aspek penilaian
|
Memenuhi 1
aspek penilaian
|
4.
Sikap Spiritual
Indikator
|
1.1.1 Bersyukur dan beribadah kepada Tuhan menurut agama yang dianut
|
Teknik Penilaian
|
Penilaian
produk
|
Instrumen
|
Buatlah doa syukur atas kebersamaan yang kamu
rasakan dengan teman-temanmu yang beragama lain (tidak sama dengan agama yang
kamu anut)
|
Rubrik penilaian sikap spiritual dan pedoman penskoran
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Kurang
1
|
Isi doa
|
Memenuhi 4
komponen (Isi doa mengandung ucapan syukur kebersaman, ada harapan yang
disampaikan, kalimat di susun menggunakan bahasa Indonesia yang benar, doa
terdiri atas sama dengan atau lebih dari 3 kalimat)
|
Memenuhi 3
dari 4 komponen
|
Memenuhi 2
dari 4 komponen
|
Memenuhi 1
dari 4 komponen
|
LAMPIRAN MATERI
1.
SBDP
2.
MATEMATIKA
LAMPIRAN KERJA SISWA
1.
SBDP
2.
MATEMATIKA
LAMPIRAN LAGU
(Lagu : Cicak-cicak di dinding)
“Mari Belajar”
Mari teman-temanku
Kita b’lajar bersama
Belajar tentang sudut
Hap. . lancip dan tumpul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar