A. Langkah – Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Penggalan 1
|
|
|
Awal
|
1. Guru membeikan salam kepada para
siswa
2. Siswa dan guru saling
menyapa
3. Berdoa bersama
yang dipimpin oleh salah
satu siswa di depan kelas
4. Guru melakukan presensi
kepada seluruh siswa
5. Guru mengkondisikan
siswa untuk menerima pelajaran
6. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
5
menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Siswa menyimak teks lagu
“Bunda Piara” yang ada di dalam buku siswa.
2. Siswa membaca teks lagu yang
ada pada buku secara bersama-sama.
Menanya
1. Siswa menanyakan kata-kata
yang belum dimengerti dalam teks lagu yang ada pada buku, dengan bantuan guru
atau siswa menemukan sendiri pertanyaannya.
Mencoba
1. Siswa
mengikuti arahan guru bernyanyi bersama lagu “Bunda Piara”.
2. Siswa
berlatih terus dengan bersahut-sahutan antarkelompok sampai mereka dapat
menyanyikan dengan baik.
3. Secara
bergantian, siswa diminta menyanyi di depan kelas.
Menalar
1.
Siswa memahami isi lagu dengan melakukan tanya
jawab dengan guru.
Mengkomunikasikan
1. Siswa
mendiskusikan tentang isi lagu seperti panggilan bunda.
2. Siswa
berdiskusi tentang kenangan masa kecil saat dipeluk Ibu.
Catatan :
Guru melakukan
penilaian saat proses pembelajaran berlangsung
|
20
menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah
dilakukan.
2.
Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan PR atau tugas untuk dikerjakan siswa di rumah
4.
Waktunya siswa beristirahat, guru
mempersilahkan siswa untuk beristirahat
|
10
menit
|
Penggalan II
|
||
Pembuka
|
1. Guru membeikan salam kepada para
siswa
2. Siswa dan guru saling
menyapa
3. Berdoa bersama
yang dipimpin oleh salah
satu siswa di depan kelas
4. Guru melakukan presensi
kepada seluruh siswa
5. Guru mengkondisikan
siswa untuk menerima pelajaran
6. Guru memberi semangat
dengan mengajak tepuk semangat
“Tepuk
Ibu”
Ibu baik
prok. .prok . .prok . .
Ibu hebat
prok. .prok . .prok . .
Aku sayang
prok. .prok . .prok . .
Sama Ibu
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini yitu mengenai kasih sayang seorang Ibu.
|
5
menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Siswa menyimak teks
bacaan yang dibacakan oleh guru yang berjudul “Ayam dan Elang”.
2. Siswa mengamati setiap
percobaan yang dilakukan oleh masing-masing anggotanya dalam kelompok kecil.
Menanya
1. Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya dari teks percobaan dan langkah pelaporan yang belum
dimengerti
2. Siswa bertanya kepada
guru mengenai materi yang akan dipelajari hari ini
Mencoba
1. Siswa melakukan
permainan bercerita mengenai cerita “induk ayam dan anaknya yang meminta
kunci pada elang. Elang pun memberikannya. Induk dan anak ayam pergi
berjalan-jalan dan menghilangkan kunci tersebut. Induk ayam meminta kunci
lagi pada elang. Elang marah dan meminta anak ayam sebagai gantinya. Induk
ayam berusaha melindungi anaknya agar tidak
ditangkap oleh elang”
Menalar
1. Siswa mampu menjawab
pertanyaan dari guru seputar bacaan “Ayam dan Elang.”
2. Siswa mampu mejawab
pertanyaan dari guru seputar kasih sayang dari anggota keluarga.
Mengkomunikasikan
1. Siswa mampu
menceritakan siapa dari anggota keluarga yang paling disayangi serta menaati
setiap nasihat dari keluarga.
2. Siswa mampu menyebutkan
beberapa dari anggota keluarga yang penuh dengan rasa kasih sayang.
Catatan :
Guru melakukan penilaian saat proses pembelajaran berlangsung
|
20
menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah
dilakukan dengan menyanyikan sebuah lagu “Kasih Ibu”
2.
Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan PR atau tugas untuk dikerjakan siswa di rumah
4.
Guru bersama siswa berdoa bersama
5.
Siswa pulang kerumah masing-masing.
|
10
menit
|
B. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
Aspek
Penilaian
|
Jenis
|
Teknik
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Tertulis
|
Keterampilan
|
Non
tes
|
Produk
|
Sikap
|
Non
tes
|
Produk
dan Penilaian diri
|
2.
Instrumen : soal dan kunci jawaban, tabel dan laporan
percobaan, rubrik
P penilaian
3.
Pedoman
Penskoran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar