Jumat, 29 Mei 2015

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Penggalan 1

Awal
1.      Guru membeikan salam kepada para siswa
2.      Siswa dan guru saling menyapa
3.      Berdoa bersama yang dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
4.      Guru melakukan presensi kepada seluruh siswa
5.      Guru mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
5 menit
Inti
Mengamati
1.      Siswa menyimak teks lagu “Bunda Piara” yang ada di dalam buku siswa.
2.      Siswa membaca teks lagu yang ada pada buku secara bersama-sama.

Menanya
1.      Siswa menanyakan kata-kata yang belum dimengerti dalam teks lagu yang ada pada buku, dengan bantuan guru atau siswa menemukan sendiri pertanyaannya.

Mencoba
1.      Siswa mengikuti arahan guru bernyanyi bersama lagu “Bunda Piara”.
2.      Siswa berlatih terus dengan bersahut-sahutan antarkelompok sampai mereka dapat menyanyikan dengan baik.
3.      Secara bergantian, siswa diminta menyanyi di depan kelas.


Menalar
1.      Siswa memahami isi lagu dengan melakukan tanya jawab dengan guru.


Mengkomunikasikan
1.      Siswa mendiskusikan  tentang  isi lagu  seperti panggilan bunda.
2.      Siswa berdiskusi tentang kenangan masa kecil saat dipeluk Ibu.

Catatan :
Guru melakukan penilaian saat proses pembelajaran berlangsung
20 menit
Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
2.      Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan PR atau tugas untuk dikerjakan siswa di rumah
4.      Waktunya siswa beristirahat, guru mempersilahkan siswa untuk beristirahat

10 menit







Penggalan II
Pembuka
1.      Guru membeikan salam kepada para siswa
2.      Siswa dan guru saling menyapa
3.      Berdoa bersama yang dipimpin oleh salah satu siswa di depan kelas
4.      Guru melakukan presensi kepada seluruh siswa
5.      Guru mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
6.      Guru memberi semangat dengan mengajak tepuk semangat      
 “Tepuk Ibu”
Ibu baik
prok. .prok . .prok . .
Ibu hebat
prok. .prok . .prok . .
Aku sayang
prok. .prok . .prok . .
Sama Ibu 
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yitu mengenai kasih sayang seorang Ibu.
5 menit
Inti
 Mengamati
1.      Siswa menyimak teks bacaan yang dibacakan oleh guru yang berjudul “Ayam dan Elang”.
2.      Siswa mengamati setiap percobaan yang dilakukan oleh masing-masing anggotanya dalam kelompok kecil.
Menanya
1.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dari teks percobaan dan langkah pelaporan yang belum dimengerti
2.      Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang akan dipelajari hari ini
Mencoba
1.      Siswa melakukan permainan bercerita mengenai cerita “induk ayam dan anaknya yang meminta kunci pada elang. Elang pun memberikannya. Induk dan anak ayam pergi berjalan-jalan dan menghilangkan kunci tersebut. Induk ayam meminta kunci lagi pada elang. Elang marah dan meminta anak ayam sebagai gantinya. Induk ayam berusaha melindungi anaknya agar tidak  ditangkap oleh elang”
Menalar
1.      Siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru seputar bacaan “Ayam dan Elang.”
2.      Siswa mampu mejawab pertanyaan dari guru seputar kasih sayang dari anggota keluarga.
Mengkomunikasikan
1.      Siswa mampu menceritakan siapa dari anggota keluarga yang paling disayangi serta menaati setiap nasihat dari keluarga.
2.      Siswa mampu menyebutkan beberapa dari anggota keluarga yang penuh dengan rasa kasih sayang.
Catatan :
Guru melakukan penilaian saat proses pembelajaran berlangsung
20 menit
































Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan dengan menyanyikan sebuah lagu “Kasih Ibu”
2.      Guru bersama siswa melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan PR atau tugas untuk dikerjakan siswa di rumah
4.      Guru bersama siswa berdoa bersama
5.      Siswa pulang kerumah masing-masing.

10 menit

B.     Penilaian
        1.               Teknik Penilaian
Aspek Penilaian
Jenis
Teknik
Pengetahuan
Tes
Tertulis
Keterampilan
Non tes
Produk
Sikap
Non tes
Produk dan Penilaian diri
         2.        Instrumen                   : soal dan kunci jawaban, tabel dan laporan percobaan, rubrik
P  penilaian
         3.         Pedoman Penskoran    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PRAKTIKUM PEREDARAN DARAH

P PEREDARAN DARAH        I.             Pendahuluan Latar Belakang Darah adalah komponen yang sangat penting bagi makhluk hidup, ...